VOLLY BALL

29 03 2009

BOLA VOLI

Cabang olahraga ini sebenarnya suadah dikenal sejak masa kolonial Hindia Belanda, tepatnya tahun 1928. Yang membawa ke Indonesia adalah para guru Pendidikan Jasmani Belanda, yang bertugas di sekolah-sekolah lanjutan (HBS dan AMS). Akan tepai pada waktu itu, permainan boal voli belum mendapat tempat di hati masyarakat.

Permainan bola voli merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah dilakukan oleh setiap orang. Sebab, dalam permainan bola voli dibutuhkan koordinasi gerak yang benar-benar bisa diandalkan untuk melakukan semua  gerakan yang ada dalam bola voli. Walaupun begitu, permainan bola voli sangat cepat berkembang dan merupakan suatu cabang olahraga yang sangat populer di indonesia sesudah cabang olahraga sepak bola dan bulu tangkis.

Kepopuleran olahraga ini tampak dari sarana lapangannya yang ada di pedesaan maupun di perkotaan serta berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam kejuaraan antarsekolah, antar instansi, antar perusahaan, dan lain-lain.

Dalam permainan bola voli ada  beberapa bentuk teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik teknik dalam permainan bola voli terdiri atas servis, passing bawah, passing atas, block, dan smash.

Adapun alat dan Perlengkapan dalam permainan bola voli yakni :

a. Lapangan

b. Net

c. Bola

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Servis

Servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis lapangan permainan melampaui net ke daerah lawan. Pukulan servis dilakukan pada permulaan dan setelah terjadinya setiap kesalahan. Karena pukulan servis berperan besar untuk memperoleh poin, maka pukulan servis harus :

a. meyakinkan

b. terarah

c. keras

d. menyulitkan lawan

Ada bebrapa jenis servis dalam permainan bolavoli, diantaranya servis tangan bawah (under hand service), servis tangan samping (side hand service), servis atas kepala (over head service), servis menagambang (floating service), servis topspin, dan servis loncat (jump service).

2. Passing adalah upaya seorang pemain dengan menggunakan suatu teknik tertentu untuk mengoperkan bola yang dimainkannya kepada teman seregunya untuk dimainkan dilapangan sendiri.

Set-up atau umpan adalah usaha atau upaya seorang pemain bboal voli dengan menggunakan suatu teknik tertentu yang memiliki tujuan menyajikan bola yang diimainkan kepada teman seregunya yang seklnjutnya dapat melakukan serangan (smash) terhadap regu lawan. Dalam permainan bola voli, passing dapat dilakukan dengan cara passing bawah dan passing atas.

3. Blocking (Bendungan)

Block merupakan benteng pertahan yang paling utama untuk menanti serangan lawan. Jika ditinjau dari gerakan, block bukanlah merupakan teknik yang sulit. Namun, prosentase keberhasialn suatu block relatif kecil karena arah bola smash yang akan diblock, dikendalikan oleh lawan. Keberhasilan block ditentukan oleh ketinggian loncatan dan jangkauan pada bola yang sedang dipukul lawan. Block dapat dilakukan dengan pergerakan tnagna aktif (saat melakukan block tangan digerakkan kekanan maupun kekiri ) atau juga pasif  (tanganpemain hanya dijulurkan keatas tanpa digerakkan). Block dapat dilakuakan oleh satu, dua, atau tiga pemain.

4. Smash

Pukulan keras atau smash, disebut juga spike, merupakan bentuk serangan yang paling banyak dipergunakan dalam upaya memperoleh nilai oleh suatu tim. Pukulan smash bnayak macam dan variasinya. Smash adalah pukulan bola keras dari atas kebawah, jalannya bola menukik.

Macam-macam pukulan smash, antara lain adalah pukulan serangan frontal, pukulan berputar, pukulan serangan melalui sisi badan, dan pukulan dengan gerakan sendi pergelangan tangan yang dapat diarahkan kesegala arah.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: